081350822738
kecteringheru@gmail.com
Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat
Tering | Berita Lengkap
blog-img
15/01/2024

Sadar Kawasan Berwisata sebagai Kunci Penting Membangun Sektor Pariwisata

Admin Kecamatan Tering | Adat Istiadat

SENDAWAR-Kejadian kebakaran beberapa bangunan di kawasan cagar budaya Sengkreak, di RT 4 Kampung Jelemuq, Kecamatan Tering, pada 13 Februari 2024 lalu, menyadarkan suluruh masyarakat dan wisatawan untuk lebih bijak dalam berwisata.

Kepala Dispar Kubar Yuyun Diah Setyorini (topi merah) bersama Camat Tering dan jajarannya meninjau lokasi bangunan objek wisata Sengkreak yang terbakar, di Kampung Jelemuq, belum lama ini.
Dalam jangka panjang, bijak berwisata bertujuan mendorong terciptanya destinasi wisata berkelanjutan kedepannya. Apalagi Kubar terkenal dengan wisata alam dan budaya yang sangat menarik. Begitu juga Kubar yang mempunyai masyarakat adat memegang teguh adat istiadat dan budaya sampai saat ini. 
“Untuk itu, sektor pariwisata salah satunya cagar budaya Sengkreak yang merupakan aset pemerintah harus tetap dijaga dan dilestarikan,”ujar Kepala Dispar Kubar Yuyun Diah Setyorini bersama pemerintah kecamatan Tering dan jajarannya meninjau lokasi bangunan objek wisata Sengkreak yang terbakar, di Kampung Jelemuq, belum lama ini.
Hasil dari peninjauan beberapa bangunan yang terbakar itu, diharapkan pada 2024 ini, bisa ditindaklanjuti dan dapat dibangun kembali. Dispar juga akan bekerjasama dengan perangkat daerah (PD) teknis lainnya, untuk bersama-sama membangun sektor pariwisata,”katanya. 
Diharapan juga, apabila objek wisata Sengkreak dibangun kembali. “Kita semua harus merasa memiliki, memperhatikan dan bertanggungjawab bersama akan keberadaannya terutama masyarakat setempat maupun wisatawan yang berkunjung ke objek wisata tersebut. Siapa lagi, kalau bukan kita yang menjaganya,”tegasnya.
Yuyun menyampaikan sadar kawasan destinasi wisata berkelanjutan bisa dimulai dengan mematuhi aturan-aturan yang berlaku di kawasan atau destinasi itu. Dalam upaya mengembangkannya, tentu diperlukan kesadaran menjaga lingkungan objek wisata yang dikunjungi. 
“Tak hanya sebagai upaya menjaga ketertiban dan kenyamanan berwisata, sadar kawasan berperan penting dalam menjaga keberlangsungan objek wisata itu sendiri,”terangnya.

Bagikan :
  Facebook  |  Google  |  Twitter  |  Email

Populer